March 29, 2009

Cara Jitu Presentasi Dynasis

Banyak yg tanya, bagaimana cara presentasi atau menjelaskan bisnis ini kepada orang lain dengan tepat & efektif. Ini bukan cara yg saya klaim sebagai yg terbaik, tapi sejauh ini terbukti ampuh. Saya berharap Anda pun bisa memberikan masukan tambahan, karena saya yakin setiap orang pasti memiliki pengalaman yg berbeda-beda. Lakukan presentasi maksimal pada 3 orang. Lebih dari itu biasanya kurang efektif. Saya pernah punya pengalaman presentasi di depan puluhan orang di sebuah gedung pertemuan. Hasilnya, mereka memang join semua, karena sistem Dynasis memang simple & tidak ada risiko. Tapi kebanyakan tidak paham betul teknis menjalankannya. Akibatnya, banyak yg tidak merekrut orang lagi setelah itu. Kalau Anda melakukan presentasi pada sedikit orang, suasananya lebih komunikatif & enjoy. Proses edukasi lebih mudah dilakukan. Jelaskan bagian demi bagian dalam brosur dengan selalu diselingi pertanyaan apakah prospek Anda sudah mengerti.

Misalnya setelah Anda menjelaskan marketing plan Tell Your Friend Reward Program, ajukan pertanyaan: “Gimana, sudah jelas?” atau “Ada pertanyaan sampai di sini?” Memang hal itu akan lebih memakan waktu, tapi akan jauh lebih efektif kalau prospek Anda mengerti bagian yg sedang Anda jelaskan sebelum dilanjutkan ke bagian yg lain. Setelah presentasi selesai, tawarkan kepada prospek Anda untuk langsung join saat itu juga. Toh, gak ada biaya pendaftaran & gak ada risiko apapun. Saya selalu mengatakan juga, “Anda join atau gak join, Anda tetap pakai pulsa tiap bulan…” Goalnya adalah: Join –> Beli Deposit –> Isi Pulsa Setelah Anda mendaftarkan prospek Anda (via SMS), langsung tawarkan, “Gimana kalau sekalian saya ajari caranya ngisi pulsa? Biar kamu nanti gampang (gak kikuk) kalau ngajari downlinemu. Terserah berapa, gak besar juga gak apa-apa. 20ribu atau 10ribu juga boleh. Ini cuma buat test aja.” Nah, sebelum dia mengisi pulsa, otomatis dia kan harus deposit terlebih dahulu. Jelaskan bahwa kalau dia mengisi deposit terlebih dahulu (bukan langsung diisi pulsa dari HP Anda) itu akan lebih menguntungkan buat dia. Karena bonus 10% BV dari pemakaian pribadi akan dia dapatkan. Kecuali kalau pulsanya habis, ya Anda isi dulu dengan nominal yg terkecil (mis. 5.000 atau 10.000). Untuk pengisian deposit, lebih baik Anda transfer dari deposit HP Anda. Nanti dia bayar cash ke Anda. Kalau Anda menyuruh dia harus ke bank atau ATM, sama halnya dengan Anda menunda terjadinya transaksi. Makanya, stok deposit yg banyak! Kalau ternyata deposit Anda tidak cukup, misalnya dia langsung minta deposit dalam jumlah yg besar, segera kontak sponsor/upline Anda. Minta bantuan untuk transfer deposit ke HP Anda atau langsung ke downline baru Anda. Tapi jangan lupa segera dibayar pinjaman depositnya!


Akan sangat membantu kalau Anda memiliki SMS-banking/m-banking. Sempatkan untuk membantu downline baru Anda melakukan presentasi paling tidak sekali, secepatnya! Orang yg baru bergabung biasanya memiliki semangat yg tinggi. Kalau sudah terlalu lama join, tapi orang tidak tidak memiliki downline, besar kemungkinan semangatnya akan turun. “Inti dari peperangan adalah kecepatan.” (Sun Zu) Hal ini juga untuk proses edukasi, agar downline baru Anda tsb bisa belajar bagaimana cara menjelaskan ke orang lain, sekaligus memantapkan pemahaman dia. Saya seringkali menawarkan untuk membantu presentasi setelah menjoinkan orang langsung saat itu juga (kalau waktunya memungkinkan). Kalau di kantor, mungkin teman sekantornya yg ada; kalau di kosan, bisa teman kosnya yg lagi menganggur; kalau di rumah, mungkin saudaranya atau tetangganya. Itu lebih menghemat waktu, daripada saya harus kembali lagi besoknya. Apalagi kalau tempatnya jauh. Selamat bekerja!

No comments:

Post a Comment